Prinsip – prinsip dasar Seni Rupa

Setelah pada kesempatan lalu telah membahas mengenai Unsur - Unsur Seni Rupa / Desain, maka pada kesempatan kali ini, saya mencoba membahas Prinsip - prinsip dasar seni rupa, yaitu meliputi :

  • Kesatuan (Unity)
    Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yangsangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuatkarya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karyatersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsiphubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna,raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.
  • Keseimbangan (Balance)
    Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dantidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunanyang akan roboh, kita measa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbanganadalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua dayan yang bekerjasaling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapidapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.

  • Proporsi (Proportion)
    Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk 
    memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan –  perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematisdalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karyaarsitektur. Proporsi ini menggunakan deret bilangan Fibonacci yang mempunyai perbandingan 1:1,618, sering juga dipakai 8 : 13. Konon proporsi ini adalah perbandingan yang ditemukan di benda-benda alam termasuk struktur ukurantubuh manusia sehingga dianggap proporsi yang diturunkan oleh Tuhan sendiri.Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukurankertas dan layout halaman.


  • Irama (Rhythm)
    Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus.
    Dalam bentuk – bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak padaombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk – bentuk unsur rupa.



    Dominasi (Domination)

    Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa
    yang harus ada dalam karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kataDominance yang berarti keunggulan . Sifat unggul dan istimewa ini akanmenjadikan suatu unsure sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam duniadesain, dominasi sering juga disebut Center .